Lagu Kebebasan; Abdullah Muzni ra

Sejak masih kecil telah ditinggal orang tuanya, karna itu dia dipelihara dan di jaga oleh pamannya. Dia sangat menghormati pamannya dia anak yang  sopan dan juga santun terhadap para tetangganya. Dia hidup dan tumbuh  ditengah masyarakat Jahiliyah, padahal dizamanya islam sudah ada, akan tetapi mereka masih tenggelm dalam kesyirikannya dan masih menyembah berhala. Pamannya yang musrik sangat menyayangi ponakannya semua kebutuhan dan fasilitasnya dipenuhinya, sehingga dia bisa hidup tenang dan sejahtera. Nama anak muda ini adalah Abdul Uzza.

“Lata” , “Uza”dan “Manat”  adalah nama Berhal paling besar dan paling terkenal di zaman Jahiliyah.  Rosulullah dengan tangan sucinya berhasil membuka kota Makkah, akan tetapi walau demikian paman dan ponakan tetap memeluk agama sesat kakek kakeknya yaitu musryik dan menyembah Berhala. Abdul Uza yang tersiksa dengan aqidahnya sendiri yaitu menyembah berhala, seketika dia melihat ke kelompok kaum muslimin dia tertarik dan suka  melihat sikap dan prilaku mereka,  begitu halnya dengan Aqidah kaum muslimin, Abdul Uza mulai menyukai agama mereka. Dia melihat wajah kaum muslimin bercahaya dan menarik,  hati mereka penuh dengan kasih dan sayang.

Abdul uza, pemuda pemikir dan pandai, terkadang berbicara dengan dirinya sambil berkata” sesungguhnya  apakah bedanya tuhan kita dengan tuhannya kaum muslimin” . merek selalu membicarakn tuhannya yang maha kuat dan maha mengetahui, mendengar dan melihat dan mampu melakukan apa saja. Akan tetapi kami, bertahun tahun memahat patung ini kemudian kami menyembahnya, dan untuknya kami berkorban, dihadapannya kami ber sujud padahal patung itu tidak bisa melihat dan tidak bisa mendengar, bukan hanya itu patung itu juga tidak mampu berdiri sendiri di tempatnya.

Hari kemenangan Pembebasan kota makkah terus berlalu, Abdul Uza semakin tertarik dengan agama Nabi Muhammad saw, dia belajar dan mengambil hikmah dari perbedaan perbedaan yang menonjol antara muslimin dan musryikin. Setelah itu pemuda ini walaupun sesaat tidak mau lagi sujud dan berdoa di hadapan berhala berhala jahiliyah. Suatu hari dia memutuskan untuk menyampaikan dan membicarakan pemikiran barunya kepada pamannya   yang masih sibuk dengan berhalanya. Dia menemui pamannya dan berkata : “ wahai pamanku, sudah lama kaum muslimin membebaskan Makkah, apakah paman tidak mau masuk agama Muhammad saw ? aku berharap dengan bergabung dan masuk kedalam agama Islam, kita mendapatkan kebebasan dan kebahagiaan yang abadi”.

Paman Abdul Uza yang sesat, kesal dan marah setelah mendengar perkataan anak saudaranya itu dan berkata kepadanya: “ apakah kamu sudah gila ? kamu mau meinggalkan agama kakek kakek dan bapakmu ? tinggalkanlah pikiranmu itu, sebab kalau kamu terus berpikir seperti ini,   tuhan kita akan marah”.

Abdul Uza putus asa melihat pamannya yang masih bersikeras dengan agama sesatnya, mengambil keputusan untuk bergbung dengan kelompok kaum muslimin, dan meninggalkan berhala berhala mereka. Maka dari itu dia berkata kepada pamannya : “ aku sudah lelah dengan kesesatan dan kegelapan yang selama ini aku rasakan, apa nilai tuhan yang tidak melihat dan juga tidak mendengar ? bukan hanya itu bahkan mereka tidak bisa menjaga dirinya sendiri. Sekarang aku menerima agama islam dan memeluknya, agama yang lebih benar dari agama yang lain.”   Paman yang geram mendengar perkataan ponakannya itu seketika berteriak : “ baiklah kalau begitu, kalau kau masih bersikeras dengan pemikiranmu itu, kembalikan semua barang barang dan harta yang aku berikan kepadamu.”  Pemuda yang sudah jatuh pada kecintaan terhadap islam dan Rasulullah Saw itu  untuk membebaskan dirinya dari kesyrikan, dia rela melepaskan semua harta benda yang diberi pamanya bahkan baju yang berwarna warni, penuh dengan hiasannya pun dia kembalikan, setelah melepaskan semua barangnya dan memberikannya kepada pamannya yang musrik, dia langsung pergi menuju rumah ibunya.

Tidak lama kemudian pemuda itu sampai dirumah ibunya, dan meminta kepada ibunya dua helai potong kain untuk menutupi badannnya, ibunya pun  memberikan dua potong kain tersebut, dan setelah menutupi badannya dengan kain tersebut, pemuda tersebut langsung pergi menuju Madinah.

Rasulullah Saw, baru menyelesaikan sholat subuh bersama para sahabatnya, tidak lama kemudian pemuda pencari kebenaran itu masuk kedalam masjid menuju tempat Rasulullah lalu mengucapkan salam kepadanya. Wajah asing dan pakaian yang tidak beraturan mengundang perhatian para sahabat Nabi. Rasulullah setelah menjawab salamnya dengan  penuh hormat bertanya kepada kepadanya : “ siapa kamu ? pemuda itu menjawab : “ aku Abdul Uza aku datang dari Makkah untuk masuk islam dan pamanku tidak setuju aku memeluk islam karna dia mengambil semua harta bendaku sampai bajuku juga diambilnya.  Dengan bimbingan langsung Rasulullah Saw, pemuda ini mengucapkan dua kaliamt syahadat dan masuk islam. Rasulullah senang dan bangga atas pengorbanan dan pengabdian pemuda ini, dan berkata: “ setelah ini dan selanjutnya namamu Abdullah” . Abdullah setelah masuk islam dia kemudian mempelajari Aqidah dan syariat islam, dan dia sholat serta membca Al quran dimesjid dengan sura yang keras seperti burung pengungsi yang menyanyikan lagu kebebasan.

Abdullah Mazni, selalu menjadi pendamping dan sahabat Nabi, dan dia angga dengan agama yang di anutnya dia pengikut setia rasullah, taat dan menerima wilayah tnpa pernah menghianatinya.

Abdullah menganggap kebahagiaan dirinya hanya ada pada pembelaan terhadap agama Allah, agama yang di turunkan untuk kebahagiaan manusia. Abdullah setelah banyak berkorban dan berkhidmat  di jalan Allah, pada akhirnya pada tahun 9 hijriyah, ketika kaum muslimin bergerak menuju daerah Tabuk untuk perang melawan orang orang kafir, ditengah perjalanan dia sakit panas dan tidak lama kemudian di pertengahan jalan dia meninggal dunia. Sepeninggal Abdullah Rasulullah Saw berkta: “ dia adalah syahid yang meninggalkan dunia”.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: